Wednesday, October 23, 2013

Motion Graphic vs Animasi

Definisi
Apa kira-kira arti dari kata Motion Graphic?. Penasaran yang begitu sangat, membuat saya mencari definisi dari kata Motion Graphic di Internet, dan hasilnya tidak ada satupun situs yang dapat memberikan definisi baku dari rangkaian kata ini. Bahkan situs http://www.wikipedia.com menerangkan bahwa tidak ada arti umum (there is no universally accepted definition) dari rangkaian kata-kata ini.

Situs ini hanya menerangkan bahwa dalam sejarahnya kata-kata Motion Graphic digunakan pertama kali oleh Jhon Whitney yang mendirikan perusahaan dengan nama Motion Graphic Inc. di tahun 1960.
perbedaan antara Motion Graphic dan Animasi?
Dari hasil pencarian di situs yang sama(www.wordpress.com), saya menyimpulkan bahwa definisi animasi adalah : sebuah gerakkan yang dihasilkan dari gambar yang dibuat secara manual (hand drawing), computerized (2D ataupun 3D), atau hasil dari photography (stop motion) dalam jumlah banyak dan diurutkan dengan urutan dan kecepatan tertentu.
Lalu saya coba melihat beberapa karya yang disebut atau menyebut dirinya sebagai Motion Graphic. Dari beberapa contoh yang saya perhatikan, ada beberapa hal yang saya temukan berbeda.
Pertama Motion Graphic tidak memfokuskan detail gerakkan yang diciptakan objek seperti (gerak mulut, gerak kepala, tangan, gerak daun, gerak sayap, dll. Sedangkan animasi sering kali memfokuskan hal tersebut.
Kedua Motion Graphic seringkali menciptakan gerak objek secara menyeluruh kearah yang sama (gerak gambar manusia diam baik kearah kiri atau kanan, atas atau bawah, serta depan atau belakang). Sedangkan animasi terkadang tidak menggerakkan objek secara keseluruhan (seperti hanya focus/diam pada wajah saat bibir berbicara dan mimic muka berubah).
Ketiga Motion Graphic hanya memberikan cerita/ berita dengan simbol graphic/gambar, sementara animasi akan menyampaikan cerita/berita dengan lebih detail dengan rangkaian gambarnya yang membentuk gerakkan tertentu.
Keempat Motion Graphic seringkali menggunakan gerak camera yang sangat dinamis kesegala arah dan dengan gerakkan yang cepat sementara animasi terkadang menampilkan gerakkan camera yang cenderung sederhana (seperti diam, pergeseran dari kiri-kanan,dll.)
Semua hal diatas hanya hasil pengamatan saya, berharap agar dapat menggelitik teman-teman untuk memperhatikannya lebih dalam. Dan bukan suatu yang mustahil bila Motion Graphic disebut-sebut merupakan salah satu genre dari animasi.

Sumber : http://arifmarzuki.wordpress.com/motion-graphic-vs-animasi/

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More